Selamat Datang di Blog Muzafar

Selamat Datang di Blog Muzafar_06

Sabtu, 04 Desember 2010

Mechanical Seal Dan Mechanical Tandem Seal

Mechanical Seal
Mechanical Seal adalah salah satu jenis dari dinamik Seal yang berfungsi untuk menghindari/ meniadakan kebocoran yang terjadi pada Stuffing Box pompa & kompresor centrifugal. Mechanical Seal terdiri dari komponen-komponen Rotating dan Stasionary yang dipasang dengan posisi tegak lurus pada shaft sleeve. Komponen-komponen utama dari Seal Face dibuat dari material yang berbeda karakteristiknya guna menghindari kehausan permukaan seal yang tidak merata.
Fungsi utama dari seal adalah untuk mencegah kebocoran yang mungkin terjadi pada sambungan-sambungan. Seal mekanik digunakan diantara poros yang berputar dengan rumahnya, seperti pompa rotasi. Pada umunya, klarifikasi Mechanical Seal ini di tentukan oleh jumlah dan susunan Rotating Face dalam Seal Chamber. Singel Seal berarti Stuffing box mempunyai satu Rotating face dan satu Matting Face. Rotating Face dapat di tumpu oleh satu (1) atau banyak pegas (multi Spring) serta tekanan Fluida dalam Stuffing Box ( Hydroulic Pressure )
Diantara permukaan Rotating dan stasionary terdapat lapisan Film dari fluda kerja yang berfungsi sebagai penyekat, pendingin dan pelumas kompenen-komponen Seal. Lapisan film ini dioptimalkan pada tingkat ketebalan minimumagar emisi fluida kerja dengan ambang batas persyaratan lingkungan.

Kontruksi Mechanical Seal
Mechanical Seal secara umum terdiri dari dua bagian utama yaitu :
1. Stasionary Face ( Permukaan yang diam)
2. Rotary Face (permukaan yang berputas)

Adapu bagian-bagian dari kedua permukaan tersebut :
1. Stasionary Face
a. Stationary Face
b. Seat Gasket
c. Flange Seal

2. Rotary Face
a. Set Screw
b. Spring Holder
c. Coil Spring
d. Retating
e. Rotating Face Gasket
f. Rotating Face.

Mechanical Tandem Seal
Tandem Seal merupakan kombinasi dua Single Seal yang disusun secara seri dalam satu Stuffing Box dan dipakai bila fluida tersebut :
1. Fluida Berbahaya
2. Temperatur Operasi yang tinggi
3. Fluida Kerja bersifat abrasive
4. Fluida dengan viskositas yang tinggi

Material yang digunakan pada Seal Face bersifat dan mempunyai material itu sendiri jenis, ada pun sifat dan jenis material tersebut :
1. Sifat Seal Face
a. Bersifat Cukup Keras
b. Tahan Terhadap Korosi

2. Janis_jenis Material Seal Face
a. Carbon
b. Tangsten carbide
c. Silicon Carbide

Mechanical Tandem Seal mempunyai karakteristrik Fluida yang tak stabil (mudah menguap) pada tekanan Atmosfir, kedalam Secondary Seal Camber (ruanganya diantara Primary dan Secondary Seal ) dialirkan cairan pengganti Fluida kerja (Barrier Fluid)yang berfungsi sebagai Sealing, pelumas dan pendingin Secondary Seal Face
Pada kondisi normal, Primary Seal bekerja seperti Single Seal sementara Sirkulasi Baier Fluid dalam Secondary Seal Camber dilakukan pada tekanan yang besarnya sedikit lebih besar dari Atmosfir, dengan kata lain Secondary Seal Face beroperasi pada tekananyang lebih rendah dari tekanan Primary Seal sehingga umur pengoperasian Secondary Seal lebih panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar