Selamat Datang di Blog Muzafar

Selamat Datang di Blog Muzafar_06

Jumat, 03 Desember 2010

BEARING (BANTALAN)

Bearing adalah elemen mesin yang menumpu poros berbeban, sehingga putaran atau gerakan bolak-baliknya dapat berlangsung secara halus, aman, dan panjang umur. Bearing harus cukup kokoh untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik. Jika bearing tidak berfungsi dengan baik maka prestasi seluruh mesin akan menurun atau tak dapat bekerja secara semestinya. Jadi, bearing dalam permesinan dapat disamakan peranannya dengan pondasi pada gedung.
Seluruh peralatan berputar memerlukan poros dan bantalan sebagai pusat perputaran dan tumpuan perputaran. Bearing dirancang dengan tujuan mendapatkan masa pakai yang panjang, ketangguhan yang tinggi dan ekonomis. Beberapa hal lain yang diperhitungkan dalam pemilihan bearing adalah :
• Perletakan bearing
• Kondisi operasi, seperti : beban, kecepatan, temperature, kondisi lingkungan, shaft.
• Kebutuhan, seperti : masa pakai, precision, noise, gesekan, pendinginan, temperatur
operasi, penyambungan.

Pemilihan type bearing sangat tergantung kepada kondisi mesin pembebanan dan lingkungannya, Pembebanan pada bearing biasanya terbagi dua yaitu : beban radial dan beban aksial. Jenis bearing yang banyak dipakai pada elemen mesin yang berputar adalah radial bearing. Seperti ball dan roller bearing sudah diketahui luas tentang keunggulannnya setelah melalui masa yang panjang dalam penelitian dan pengembangan. Ball bearing digunakan hampir disemua jenis mesin dan bahagian yang berputar, tetapi bagaimanapun suatu bearing tidak dapat digunakan tanpa penelitian/perhitungan yang hati-hati dari beban dan kondisi operasi seperti penyambungan, pendinginan dan sealing.
Beban ekivalen dinamis merupakan besaran beban yang memberikan umur yang sama dengan umur yang diberikan oleh beban dan kondisi putaran sebenarnya. Jika suatu deformasi permanen, ekivalen dengan deformasi permanen maksimum yang terjadi kerena kondisi beban statis yang sebenarnya pada bahagian dimana elemen gelinding membuat kontak dengan cincin pada tegangan maksimum, maka beban yang menimbulkan deformasi tersebut dinamakan beban ekivalen statis.
Ball bearing mempunyai kemampuan untuk menahan beban aksial dalam jumlah yang cukup besar, tetapi bila seluruhnya beban aksial langsung kesumbu aksial maka thrust bearing harus digunakan. Angular kontak bearing akan menanggulangi kedua beban radial dan aksial, self aligning ball bearing akan menahan jumlah yang besar dari angular misalignment.

2 komentar:

  1. bung...contoh cara mencari beban radial (fr) gimana???

    BalasHapus
  2. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus